Tabel Alat Tes Psikologi



DAFTAR INVENTARIS ALAT TES PSIKOLOGI
NO
NAMA ALAT
FUNGSI
INTELEGENSI
1
WAISTes Intelegensi usia 16 tahun ke atas, individual
2
BINETTes Intelegensi anak usia 2-12 tahun, individual
3
WPPSITes Intelegensi anak usia 4-6 tahun, individual
4
WISCTes Intelegensi anak usia 5-15 tahun, individual
5
ISTTes Intelegensi, klasikal
6
CPMTes Intelegensi, klasikal, non verbal, anak-anak, dewasa lemah mental, lansia
7
SPMTes Intelegensi, remaja sampai dewasa
8
CFIT 3A15 tahun ke atas, orang dewasa normal. Mengukur faktor kemampuan mental (‘g’ factor)
9
CFIT 3B15 tahun ke atas, orang dewasa normal
10
CFIT 2A8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang)
11
CFIT 2B8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang)
12
APMTes Intelegensi, mahasiswa dan sarjana, anak-anak gifted (berbakat)
13
WB
14
TINTUM ATes Intelegensi, Klasikal
15
TINTUM B
16
TIKI DASARSD kelas 6 sampai kelas 3
17
TIKI TINGGILulus SMA, Mahasiswa dan Sarjana
KEPRIBADIAN
18
EPPSTes yang mengungkap kebutuhan-kebutuhan
19
PAPI KOSTIGTes mengungkap : watak, kepemimpinan, gaya kerja, arah kerja, aktifitas, pergaulan, ketaatan
20
16PFUsia 16 tahun ke atas. Untuk kelompok pekerja, karyawan, orang dewasa normal, dan orang berpendidikan formal
21
EYSENCKMengukur kejujuran
22
MSDTMengungkap gaya manajemen
23
WWQMengukur kecenderungan gangguan mental
24
MMPIMengukur kecenderungan gangguan mental
25
DISCMengungkap gaya kerja seseorang
BAKAT MINAT
26
RMIB PRIATes Minat
27
RMIB WANITA
28
RMIB PERUSAHAAN
29
TKVUntuk mengidentifikasi potensi kreatif seseorang
30
TKFUntuk menilai kelancaran, fleksibilitas, originalitas dan elaborasi (aspek kreatifitas)
31
TKDTes Kemampuan Dasar
32
TES EMengukur kemampuan dalam bidang mekanik
33
PTPMengungkap kemampuan seseorang dalam bidang teknik
34
EKPRESIMengungkap kemampuan bahasa
35
PEMAHAMANKemampuan membaca dan memahami untuk melihat alasan yang logis serta mengambil keputusan dengan menangkap makna dari situasi yang praktis
36
TABLEKemampuan membaca tabel
37
BERHITUNGMengukur bakat berhitung
38
MEKANIKDaya penalaran dibidang kerja mekanik dan prinsip fisika
39
MERAKIT OBYEKMengukur kemampuan untuk mengenal, mengetahui dan membayangkan bentuk suatu obyek yang disusun dari bagian tertentu yang dipisah
40
ADKUDAGTes kemampuan dibidang akuntansi dan perdagangan
41
KOMPONENMengukur kemampuan mengidentifikasi komponen-komponen yang penting
42
MEMPERSAMAKAN PERKAKASMengukur kemampuan atau kecermatan dalam pengamatan
43
LOGIKA VERBALMengukur pemahaman verbal
44
DASAR PENGERTIAN MEKANIK/C3Mengukur faktor pandang ruang dan mengukur penalaran numeric
45
RUANG BIDANGMengukur kemampuan berpikir secara visual dari bentuk geometris memahami gambar dari dua dimensi untuk menjadi tiga dimensi
46
TES E”NEW”Mengukur kemampuan dibidang mekanik
47
TES POLA/B3Mengungkap kemampuan mengenal barang konkrit melalui proses penglihatan khususnya mengenal barang secara tiga dimensi
48
TES KECENDERUNGAN MINAT / KUDER NEWMengetahui minat individu terhadap bidang pekerjaan atau bidang studi
49
TES PENALARANMengukur kemampuan penalaran
50
TES CEPAT TELITIMengukur respon subyek terhadap tugas-tugas yang menyangkut kecepatan persepsi, kecepatan respon terhadap kombinasi huruf dan angka, ingatan yang sifatnya tidak lama
51
KRAEPLIN 15’Mengukur kecepatan, ketelitian, keajegan dan daya tahan stress
52
KRAEPLIN 30’
53
PAULI
54
RORCHACHTes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi
55
TATTes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi
56
CATMengungkap kebutuhan anak usia 7 tahun ke atas (human) dan anak-anak (balita)
57
HAND TES
LAIN-LAIN
58
PER-R ALATMengukur profile perkembangan anak-anak usia 0-7 tahun
59
PER-R LJ
60
SNIJDERS-OOMEN NON VERBAL INTELLEGENSE SCALE
61
DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGENALI 4 FAKTOR KEPRIBADIAN CALON KARYAWAN BY JOHN DRAKE
62
ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK
63
PERTANYAAN PRIBADI (KLINIS DAN KONSELING)
64
ADHAD RATING SCALEMengukur gejala hiperaktivitas dan keselitan konsentrasi pada anak-anak
65
BOURDON TESTMengukur kecepatan kerja untuk tugas rutin dan monoton, melihat ketelitian kerja, melihat daya tahan dalam bekerja dan proses belajar elementer, indikasi gangguan senso-motoris, gangguan emosi pada kasus klinis
66
CARS (CHILDOOD AUTISM RATING SCALE) DAN LJMengukur terstruktur untuk calon tenaga kerja
67
BERPIKIR KREATIF DENGAN GAMBARAN BY TORRANCE LJTes mengukur kreatifitas
68
TORRANCE TEST OF CREATIVE THINKING MANUAL BOOL
69
SCHEDULE OF RECENT EXPERIENCE
70
ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK
71
DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENILAI CALON TENAGA KERJA
72
SKALA TINGKAH LAKU ADAPTIF VINELAND (VABS FORM)
73
MPFB ALAT
74
MPFB LJ
75
TES MINAT GAMBAR GHEIST (PEREMPUAN)Jawaban yang diberikan akan menceritakan tentang pekerjaan dan hobi yang paling disukai
76
BDI FORMMengukur remaja depresi ke atas
77
SDS MANUAL BOOKMengetahui minat terhadap pekerjaan
78
SDS ASSESSMENT BOOKLET
79
OMNI-BARKELEY-FORM
80
NST MANUALMengukur kesiapan sekolah (anak usia 6 tahun ke atas)
81
NST LJ
82
NST FORM A
83
MANUAL NEO PR
84
NEO PR ITEM BOOKLET
85
NEO PR LJ