Tabel Alat Tes Psikologi
DAFTAR INVENTARIS ALAT TES PSIKOLOGI
NO
|
NAMA ALAT
|
FUNGSI
|
INTELEGENSI
| ||
1
| WAIS | Tes Intelegensi usia 16 tahun ke atas, individual |
2
| BINET | Tes Intelegensi anak usia 2-12 tahun, individual |
3
| WPPSI | Tes Intelegensi anak usia 4-6 tahun, individual |
4
| WISC | Tes Intelegensi anak usia 5-15 tahun, individual |
5
| IST | Tes Intelegensi, klasikal |
6
| CPM | Tes Intelegensi, klasikal, non verbal, anak-anak, dewasa lemah mental, lansia |
7
| SPM | Tes Intelegensi, remaja sampai dewasa |
8
| CFIT 3A | 15 tahun ke atas, orang dewasa normal. Mengukur faktor kemampuan mental (‘g’ factor) |
9
| CFIT 3B | 15 tahun ke atas, orang dewasa normal |
10
| CFIT 2A | 8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang) |
11
| CFIT 2B | 8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang) |
12
| APM | Tes Intelegensi, mahasiswa dan sarjana, anak-anak gifted (berbakat) |
13
| WB | |
14
| TINTUM A | Tes Intelegensi, Klasikal |
15
| TINTUM B | |
16
| TIKI DASAR | SD kelas 6 sampai kelas 3 |
17
| TIKI TINGGI | Lulus SMA, Mahasiswa dan Sarjana |
KEPRIBADIAN | ||
18
| EPPS | Tes yang mengungkap kebutuhan-kebutuhan |
19
| PAPI KOSTIG | Tes mengungkap : watak, kepemimpinan, gaya kerja, arah kerja, aktifitas, pergaulan, ketaatan |
20
| 16PF | Usia 16 tahun ke atas. Untuk kelompok pekerja, karyawan, orang dewasa normal, dan orang berpendidikan formal |
21
| EYSENCK | Mengukur kejujuran |
22
| MSDT | Mengungkap gaya manajemen |
23
| WWQ | Mengukur kecenderungan gangguan mental |
24
| MMPI | Mengukur kecenderungan gangguan mental |
25
| DISC | Mengungkap gaya kerja seseorang |
BAKAT MINAT | ||
26
| RMIB PRIA | Tes Minat |
27
| RMIB WANITA | |
28
| RMIB PERUSAHAAN | |
29
| TKV | Untuk mengidentifikasi potensi kreatif seseorang |
30
| TKF | Untuk menilai kelancaran, fleksibilitas, originalitas dan elaborasi (aspek kreatifitas) |
31
| TKD | Tes Kemampuan Dasar |
32
| TES E | Mengukur kemampuan dalam bidang mekanik |
33
| PTP | Mengungkap kemampuan seseorang dalam bidang teknik |
34
| EKPRESI | Mengungkap kemampuan bahasa |
35
| PEMAHAMAN | Kemampuan membaca dan memahami untuk melihat alasan yang logis serta mengambil keputusan dengan menangkap makna dari situasi yang praktis |
36
| TABLE | Kemampuan membaca tabel |
37
| BERHITUNG | Mengukur bakat berhitung |
38
| MEKANIK | Daya penalaran dibidang kerja mekanik dan prinsip fisika |
39
| MERAKIT OBYEK | Mengukur kemampuan untuk mengenal, mengetahui dan membayangkan bentuk suatu obyek yang disusun dari bagian tertentu yang dipisah |
40
| ADKUDAG | Tes kemampuan dibidang akuntansi dan perdagangan |
41
| KOMPONEN | Mengukur kemampuan mengidentifikasi komponen-komponen yang penting |
42
| MEMPERSAMAKAN PERKAKAS | Mengukur kemampuan atau kecermatan dalam pengamatan |
43
| LOGIKA VERBAL | Mengukur pemahaman verbal |
44
| DASAR PENGERTIAN MEKANIK/C3 | Mengukur faktor pandang ruang dan mengukur penalaran numeric |
45
| RUANG BIDANG | Mengukur kemampuan berpikir secara visual dari bentuk geometris memahami gambar dari dua dimensi untuk menjadi tiga dimensi |
46
| TES E”NEW” | Mengukur kemampuan dibidang mekanik |
47
| TES POLA/B3 | Mengungkap kemampuan mengenal barang konkrit melalui proses penglihatan khususnya mengenal barang secara tiga dimensi |
48
| TES KECENDERUNGAN MINAT / KUDER NEW | Mengetahui minat individu terhadap bidang pekerjaan atau bidang studi |
49
| TES PENALARAN | Mengukur kemampuan penalaran |
50
| TES CEPAT TELITI | Mengukur respon subyek terhadap tugas-tugas yang menyangkut kecepatan persepsi, kecepatan respon terhadap kombinasi huruf dan angka, ingatan yang sifatnya tidak lama |
51
| KRAEPLIN 15’ | Mengukur kecepatan, ketelitian, keajegan dan daya tahan stress |
52
| KRAEPLIN 30’ | |
53
| PAULI | |
54
| RORCHACH | Tes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi |
55
| TAT | Tes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi |
56
| CAT | Mengungkap kebutuhan anak usia 7 tahun ke atas (human) dan anak-anak (balita) |
57
| HAND TES | |
LAIN-LAIN | ||
58
| PER-R ALAT | Mengukur profile perkembangan anak-anak usia 0-7 tahun |
59
| PER-R LJ | |
60
| SNIJDERS-OOMEN NON VERBAL INTELLEGENSE SCALE | |
61
| DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGENALI 4 FAKTOR KEPRIBADIAN CALON KARYAWAN BY JOHN DRAKE | |
62
| ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK | |
63
| PERTANYAAN PRIBADI (KLINIS DAN KONSELING) | |
64
| ADHAD RATING SCALE | Mengukur gejala hiperaktivitas dan keselitan konsentrasi pada anak-anak |
65
| BOURDON TEST | Mengukur kecepatan kerja untuk tugas rutin dan monoton, melihat ketelitian kerja, melihat daya tahan dalam bekerja dan proses belajar elementer, indikasi gangguan senso-motoris, gangguan emosi pada kasus klinis |
66
| CARS (CHILDOOD AUTISM RATING SCALE) DAN LJ | Mengukur terstruktur untuk calon tenaga kerja |
67
| BERPIKIR KREATIF DENGAN GAMBARAN BY TORRANCE LJ | Tes mengukur kreatifitas |
68
| TORRANCE TEST OF CREATIVE THINKING MANUAL BOOL | |
69
| SCHEDULE OF RECENT EXPERIENCE | |
70
| ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK | |
71
| DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENILAI CALON TENAGA KERJA | |
72
| SKALA TINGKAH LAKU ADAPTIF VINELAND (VABS FORM) | |
73
| MPFB ALAT | |
74
| MPFB LJ | |
75
| TES MINAT GAMBAR GHEIST (PEREMPUAN) | Jawaban yang diberikan akan menceritakan tentang pekerjaan dan hobi yang paling disukai |
76
| BDI FORM | Mengukur remaja depresi ke atas |
77
| SDS MANUAL BOOK | Mengetahui minat terhadap pekerjaan |
78
| SDS ASSESSMENT BOOKLET | |
79
| OMNI-BARKELEY-FORM | |
80
| NST MANUAL | Mengukur kesiapan sekolah (anak usia 6 tahun ke atas) |
81
| NST LJ | |
82
| NST FORM A | |
83
| MANUAL NEO PR | |
84
| NEO PR ITEM BOOKLET | |
85
| NEO PR LJ |